Welcome! You\'re now on tourism promotion website of South Bangka Regency. Let\'s explore the undiscovered paradise.
logo

Ngarak Telok Serujo

Deskripsi

Telok Serujo merupakan tradisi budaya masyarakat Bangka Selatan yang dilakukan secara turun temurun sejak dahulu kala hingga di jaman serba modern seperti sekarang ini masyarakat masih terus melestarikan budaya menghias telor rebus dengan bermacam kreasi untuk menyemarakkan suatu acara besar, seperti Sunatan, Tamatan Baca Alquran, Pernikahan dan lain sebagainya.

Bentuk asli dari Telok Serujo terdiri dari telor rebus yang diberi warna merah kemudian di tusukan dengan lidi yang ujungnya terdapat hiasan bunga seroja, dan dibawah terdapat Ketan yang dibungkus dengan daun Simpur Serta di susun di pohon pisang sebagai wadah untuk merangkai Telok Serujo.

Setiap unsur benda yang terdapat di rangkaian Telok Serujo memiliki nilai filosofi. Seperti kembang seroja berarti keindahan, ketan yang dibungkus daun melambangkan kebutuhan pangan , telur merah melambangkan kemakmuran, dan bendera melambangkan kejayaan, serta dasar pohon pisang berbentuk bintang segi lima melambangkan Rukun islam yang lima.

Semuanya itu merupakan perwujudan doa yang ingin disampaikan, Namun seiring perkembangan jaman hiasan Telok Serujo pun berubah penuh dengan kreasi, namun hal ini bukan menjadi masalah sebab budaya Ngarak Telok Serujo tetap terjaga kelestariannya di Negeri Junjung Besaoh.

Waktu Pelaksanaan

Dilaksanakan di bulan Februari setiap tahun sebagai bagian dari perayaan HUT Bangka Selatan di Kecamatan Air Gegas. Ngarak Telok Serujo juga menjadi bagian dari rangkaian acara pada event Toboali City on Fire setial tahunnya di akhir bulan Juli.

Lokasi & Akses

Pusat pelaksanaan di Kantor Kecamatan Air Gegas berjarak ± 44 km atau 48 menit berkendara dari pusat kota Toboali

Destinasi Wisata